Disperindagkop Kaltim Mendukung UMKM Lokal untuk Memanfaatkan e-Katalog


Jakarta, 6 Mei – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disperindagkop) Kalimantan Timur terus membantu UMKM di wilayah mereka untuk memanfaatkan platform e-katalog, guna meningkatkan pemasaran produk secara digital. Heni Purwaningsih, Kepala Disperindagkop Kaltim, mengungkapkan bahwa pendampingan ini bertujuan membuka peluang bisnis lebih luas untuk UMKM. Langkah ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan produk lokal. Disperindagkop Kaltim juga menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan rutin untuk membantu UMKM memasuki e-katalog dan meningkatkan penjualan mereka.

UMKM diajak untuk tidak hanya bergantung pada penjualan offline tetapi juga memanfaatkan e-katalog untuk memperluas jangkauan pasar. Heni juga mencatat bahwa telah dibuat 16 etalase dalam e-katalog lokal untuk kategori produk seperti makanan, minuman, konstruksi, dan konveksi. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan sosialisasi, tetapi juga mencakup pendampingan dalam pembuatan etalase dan fasilitasi pertemuan bisnis antara UMKM dan calon pembeli. Contoh konkret dari upaya ini adalah kerjasama antara UMKM dengan hotel-hotel di Kaltim untuk menggunakan produk-produk lokal.

Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menekankan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian daerah, dengan jumlah mencapai 429.939, yang menunjukkan kekuatan ekonomi yang besar. Inisiatif seperti ini diharapkan dapat membantu UMKM di Kaltim untuk berkembang dan bersaing di era digital.

Tingkatkan Usaha Anda dengan Pembiayaan Syariah e-Katalog Siyasa! 

Perluas bisnis Anda dengan mudah dan sesuai syariah melalui platform e-Katalog Siyasa. Kami menawarkan solusi pembiayaan yang tidak hanya mendukung pertumbuhan usaha Anda, tapi juga memastikan kepatuhan terhadap prinsip syariah. Manfaatkan kemudahan akses ke pasar luas dan tingkatkan potensi penjualan produk Anda.

Kunjungi https://siyasa.id/ sekarang untuk informasi lebih lanjut dan mulai transformasi digital bisnis Anda dengan dukungan keuangan yang aman dan adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *